Pembelajaran Agenda 4 Pelatihan Dasar CPNS

PUSAT PENGEMBANGAN KADER
APARATUR SIPIL NEGARA
LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

DESKRIPSI SINGKAT AGENDA 4


Mata Pelatihan Aktualisasi diberikan untuk membekali Peserta dengan kegiatan pembelajaran konsepsi aktualisasi, penjelasan aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di tempat kerja, penyusunan laporan, dan penyajian hasil aktualisasi.


HASIL BELAJAR

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, Peserta diharapkan mampu menjelaskan konsep siaktualisasi, penjelasan aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di tempat kerja, penyusunan laporan, dan penyajian hasil aktualisasi.

KURIKULUM AGENDA AKTUALISASI

    1. Konsepsi Aktualisasi

    2. Penjelasan Aktualisasi

    3. Rancangan dan Pembimbingan Aktualisasi

    4. Evaluasi Rancangan Aktualisasi

    5. Pembekalan Habituasi

    6. Aktualisasi di tempat kerja

    7. Persiapan Evaluasi Aktualisasi

    8. Evaluasi Aktualisasi


AKTUALISASI

Menterjemahkan teori ke dalam Praktek, mengubah konsep menjadi konstruk dan merubah gagasan menjadi kegiatan


HABITUASI

Sebagai sebuah proses pembiasaan pada/atau dengan “sesuatu” supaya menjadi terbiasa atau terlatih untuk melakukan “sesuatu” yang bersifat instrisik pada lingkungan kerjanya.

Berkaitan dengan pelatihan dasar CPNS, peserta Pelatihan dasar dalam pembelajaran agenda habituasi difasilitasi untuk menghasilkan suatu penciptaan situasi dan kondisi (persistence life situation) tertentu yang memungkinkan peserta melakukan proses pembiasaan untuk berperilaku sesuai kriteria tertentu. Penciptaan tersebut diarahkan pada pembentukan karakter sebagai karakter diri ideal melalui proses internalisasi dan pembiasaan diri melalui intervensi (stimulus) tertentu yang akan dilakukan pada pelaksanaan tugas jabatan di tempat kerja.


I S U

  • Suatu masalah dalam suatu organisasi, lembaga, kelompok yang membutuhkan penanganan.

  • Adanya suatu bibit permasalahan yang kemudian menyebabkan timbulnya perdebatan.

  • Suatu kondisi atau peristiwa, baik didalam maupun diluar organisasi, yang jika dibiarkan akan menjadi efek yang signifikan pada fungsi atau kinerja organisasi tersebut atau pada target-target organisasi tersebut dimasa mendatang.


KEMAMPUAN MENETAPKAN ISU


  1. Enviromental Scanning : peduli terhadap masalah dalam organisasi dan mampu memetakan hubungan sebab akibat (kejadian dan dampak)

  2. Problem Solving : mampu mengembangkan dan memilih alternatif, dan mampu memetakan aktor terkait dan perannya masing-masing

  3. Analysis : mampu berpikir konseptual (mengkaitkan dengan substansi MataPelatihan), mampu mengidentifikasi implikasi / dampak / manfaat dari sebuah pilihan kebijakan / program / kegiatan/ tahapan kegiatan.


KONTRIBUSI AGENDA III DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN AKTUALISASI
 
 
 
 

LAPORAN MINGGUAN SAAT MASA IMPLEMENTASI AKTUALISASI



Bentuk laporan tiap kegiatan atau tahapan yang harus dilengkapi saat kegiatan aktualisasi BerAKHLAK dilakukan, kaitkan dgn visi organisasi beserta evidencenya.

MENTOR DAN TUGASNYA


Mentor merupakan atasan langsung Peserta atau Pegawai ASN lainnya di lingkup Instansi Pemerintah asal Peserta yangmemiliki kompetensi memberikan dukungan, bimbingan dan masukan, serta berbagi pengalaman keberhasilan / kegagalan kepada Pesertauntuk melaksanakan pembelajaran Agenda Habituasi dan/atau pembelajaran PKTBT, dengan tugas:

  1. Memberikan persetujuan terhadap listisu yang diidentifikasi peserta;

  2. Memberikan dukungan untuk menetapkan core isu dan gagasan yang dipilih, serta kegiatan dan pentahapannya dalam penyelesaian isu;

  3. Menyepakati timeline penyelesaian kegiatan yang akan dilaksanakan;

  4. Memberikan dukungan penuh kepada Peserta dalam melaksanakan kegiatan;

  5. Memberikan bimbingan dalam melaksanakan kegiatan;

  6. Sebagai inspirator dalam melakukan kegiatan penyelesalan isu,

  7. Memberikan bimbingan lanjutan apabila peserta bimbingan ditunda kelulusannya.


COACH DAN TUGASNYA

Coach merupakan Widyaiswara dan/atau Pegawai ASN lainnya harus memiliki kompetensi menggali potensi pengembangan diri Peserta dalam melaksanakan pembelajaran Agenda Habituasi, dengan tugas :

  1. Memberikan motivasi dan tantangan-tantangan kepada peserta

  2. Membimbing peserta menyelesaikan seluruh tahapan pembelajaran aktualisasi

  3. Melakukan monitoring kegiatan peserta selama pembelajaran aktualisasi menggunakan media teknologi informasi (IT) yang disepakati;

  4. Melakukan koordinasi dengan mentor untuk membantu peserta apabila peserta mengalami permasalahan selama pembelajaran aktualisasi;

  5. Memberikan masukan kepada peserta terkait aktualisasi substansi mata pelatihan padasaat pemilihan isu yangaktual, gagasan kreatif yang diusulkan, dan pelaksanaan kegiatan dalam menyelesaikan isu selama pembelajaran aktualisasi di tempat kerja;

  6. Memberikan feedback terhadap laporan progress implementasi rancangan aktualisasi yang disampaikan peserta bimbingan minimal seminggu sekali (setiap hari akhir pekan);

  7. Mengembangkan instrumen monitoring dan perekaman terhadap progress yang dilaporkan oleh peserta bimbingan;

  8. Mengkomunikasikan proses, kemajuan dan hasil coaching kepada penyelenggara pelatihan;

  9. Menjadi konselor padasaat peserta mengalami lack of motivation selama proses pembelajaran aktualisasi atau menyusun rancangan dan laporan aktualisasi.

Evaluasi Rancangan Aktualisasi (RA)


Penilaian RA dilakukan melalui presentasi seminar RA pada sesi evaluasi rancangan aktualisasi dengan indikator penilaian dan bobot sebagai berikut:

No

Indikator

Bobot

1

Ketepatan Rencana Aktualisasi dikaitkan dengan Agenda 3

5%

2

Gagasan kreatif dalam pelaksanaan kegiatan

3%

3

Tahapan rencana kegiatan aktualisasi

5%

4

Relevansi rencana kegiatan dikaitkan dengan Aktualisasi Agenda 2

5%

5

Teknik Komunikasi

2%

Jumlah

20%